Minggu, 31 Mei 2009

fenomena situs pertemanan

Dewasa ini booming banget yang namanya situs-situs pertemanan. Sekarang yang lagi hot2nya adalah twitter, plurk, FaceBook alias FB. Sungguh situs pertemanan ini sangat2 melibas-bas-bas lewat FS alias friendster yang booming abis pas jaman2nya saya kuliah dulu, sekitar 5-6 tahun yang lalu. Dulu ketika itu saya di jejali topik pembicaraan teman2 tentang FS. " eh lu ada fs nga? testi dong", eh add gw ya di fs!".... lama-lama saya jadi penasaran apaan sih FS?. Tadinya sok-sok an ga berasa butuh bikin. tapi lama2 tertarik juga karena eh ternyata gebetan saya punya FS juga. Akhirnya bikin juga saya setelah di rayu2 temen. Emang sih pada waktu itu heboh banget FS tapi lama kelamaan kesaing sama myspace, You Tube (yang di larang di RRC), multiply, blogspot ( yang dulu saya pas bikin ada aja hambatannya). Dulu myspace juga ngetop2nya, kayaknya myspace beda 'kasta' sama FS. Pengamatan saya kalo myspace itu seperti situs pertemanan yang fungsinya menjembatan orang2 kreatif di bidang tertentu yang mau mempromosikan karya2nya gratis tanpa iklan . Kalo FS sifatnya lebih umum, jadi siapa aja tumpah ruah di situ. Malah saking umumnya sekarang jadi situs alay-alay sama masteng 'gak jelas'. Yang parahnya lagi waktu saya nonton berita di teve, katanya ada bisnis prostitusi yang 'jualan' melalui FS. Ihhhh serem.........

Kalo di Amrik yang ngetren banget adalah You Tube, Flikr, Flip.com dan my space setau saya (maaf kalo sok tau). Sangking ngetrennya You Tube jadi ajang penyalahgunaan oknum2 yang nga bertanggung jawab dengan menpost video2 macem porno di situs itu. Saya sih nga terlalu suka situs pertemanan macem gitu karena 'joro'k selain pasti ada virus dan spyware. Nah, kalo flikr beda lagi, di sini bisa upload foto2 aja kalo ga salah. Emang sakti juga tuh myspace. Banyak musisi2 indie dari seluruh dunia sukses gara2 mempost karyanya melalui situs ini dan suskes di lirik oleh major label terkenal. Emang ada gunanya juga sih.

Kalo orang yang suka fashion pun bisa bikin portfolio2an di Lookbook.Un, blogspot, chictopia, polyvore, sama ada satu lagi saya lupa. Memang seiring berjalannya waktu gadget2 macem gini pasti terus berkembang. Bagaimana dengan di Indonesia?. Facebook dan multiply yang isinya nyaris semua jualan (kayak saya). Facebook yang lagi booming pun lama2 ngebosenin karena tingkah polah oknum2 yang terlalu lebai update status macem ganti celana dalem. Saya jadi inget lagunya Katty Perry yang bunyinya gini; " you change ur mind, like a girl change a clothes".
Sebenernya terserah orang juga sih mau gonta-i status bak ganti celana dalem. Tapiiiiiiii........... kok ya lama2 jadi alay juga nih situs?. Ada temen lama saya yang saban hari ganti status ajah. lagi ini ditulis, lagi anu di tulis, halah! gak ada kerjaan apa?. Lama-lama eneg juga baca statusnya yang di ketik bak cewe2 yang lagi HBL, (sori sis).
Tapi lucunya yah, sekarang EYD Indonesia jadi berubah total penulisannya, misalnya ' aku - Q, kamu - Qmu, sudah-da, saya-saia, etc deh... haduhhhhhh.......... aturan dari mana lage bok????..... entahlah booming FB sampe kapan, penasaran aja abis situs apa lagi yang bakal ada. tapi emang sih di FB banyak fiturnya, bisa maen games, upload video, foto, chat etc. Yang parahnya lagi sekarang udah bisa terima perubahan status FB melalui sms by provider tertentu. Niattttttttt gilaaaaaaaaa..............!! kalo masih musim, kalo ude lewat gimane brur??. Yah setiap hal ada bai kdan buruknya lah, itulah hidup. Tapi saya bangga sama fupei. Karena fupei adalah situs pertemanan ASLI BUATAN ANAK INDONESIA, well coba ah bikin ;)

Tidak ada komentar: