Minggu, 31 Mei 2009

Malaysia-Singapore

Di post yang sebelumnya saya ngebahas ttg pesona dan kendala bahasa di thailand. Nah kalo yang ini Malaysia-Singapore. Nga terlalu banyak yang mau di ceritain sih, cuman fun factnya dari selama saya jalan di sana (Malaysia), kok sering nemu orang gemuk ya?. Dan kok cowo2nya ga ada yang ganteng?, kenapa India semue itu negara isinya?, ampun dah anoyying ye?. Satu2nya cowok Malaysia ganteng yang saya liat cuman si pramugara AA Malaysia. Dan cewek2 sana rata2 no make up alias cantik alami dan kok ga modis2 ya?. Mungkin di negara yang mau maju macem Malaysia gt, bagi mereka ga penting tampang sama gaya yang penting otaknya. Kebalik banget sama di kita, yan gembel di sangka jongos, ga dianggep. Justru orang kita lebih mentingin penampilan daripada otak, sebodo amat mau otak goblok yang penting gaya, kasiannnnnnnnn deh lu!.



Nah kalo di Singapur lain lagi. Lucunya, karena sangking banyaknya turis dan TKW asal Indonesia, rata2 orang Singapur bisa bahasa Indonesia. Lebih anehnya lagi di Malaysia yang notabene sama-sama keturunan melayu sama kita malah jarang ada orang Malaysia yang bisa bahasa Indonesia. Itu juga pake bahasa melayu, bahasa mereka yang sumpah saya bingung apalah artinya itu!. Daripada fight bahasa mending jebretlah bahasa inggris. balik ke Singapur, di sana wuih sangat2 perkotaan sekali ya. Orang sana cuek-cuek (saya suka!), cowo-cewe modis2. Lucunya, entah saking bebasnya tuh negara ataw tu negara penganut Baratnya kuat, di Orchard Road sama di Bugis Junction saya nemu toko SEX!. yap, toko yang menjual kebutuhan sex, mulai dari blabla...sampe sex toys! ajippppp.............. penasaran pengen tau jualan apa aja cuman apa daya, pegi bareng keluarga cing!. Di sana emang di agung2kan budaya disiplin-bersih-blah-blah-blahnya.....tapi komentar yang cukup menyetil dari saya adalah, baju adat Singapur kaya apa sih?trus rumah adatnya?makanan daerahnya?apa?apa?....... apa saya yang sok tau?. Tapi emang bener, itu negara kan sebenernya kecil, cuman pulau nyempil di tengah2 lautan. Tapi karena mereka orang2nya pinter, disiplin, penduduknya dikit blah-blah-blahnya.... Singapur jadi negara Asia yang maju dan modern. Bayangin, mereka punya Changi airport yang katanya airport tercanggih, terbesar, termegah di Asia Tenggara. Kata bapak saya itu bandara pake karpet merah saking mewgahnya. Yang update-an terakhir saya di bandara itu ada taman kupu-kupunya. Then, standard penerbangannya juga oke, Airbus 380, pesawat segede kingkong bisa mendarat di sana. Di Soekarno Hatta kaga muat, sempit!. udah gitu sekarang ini mereka lagi bangga2in banget deh tuh pesawat A 380 nya Singapore Airlines yang udah masuk Oprah Winfrey (kalo masalah masuk Oprah Winfrey sih Bali juga pernah masuk sana). Dan udah bisa terbang ke Paris.
Weell, kalo dari segi otak kita emang ketinggalan displin, rapih, teratur blah-blahnya. Ya iyalah bokkkk........ penduduknya dikit jadi apa yang mau di pusingin???. Coba Indonesia, udah penduduk banyak, ga karu2an ni negara karena makin banyak masalah ini-itu tapi teteup aja pejabat pada berebut mau jadi presiden. Emang pada nyampe nga tuh pikirannya beresin ni negara. Pernah saya saking hopelessnya jadi orang Indonesia, pernah waktu bangun tidur saya langsung bengong mikir gini ; " hah? gwa ini orang Indonesia ya?ha? ini di mana? kenapa gwa nga dilahirin di Jepang ataw di negara mana gt!!!!!".......... mungkinlah saya hanya ngigau. Jadi tips dari saya buat orang2 yang udah hopeless mikirin ini negara, mending jangan nonton berita di teve deh!. Selain isinya cuman balapan nayangin berita musibah/bencana, kecelakaan, korupsi, kriminal dari yang kakap ampe yang alay haduhhhhhhhhhh..................astagfirullah.... kita yang muslim banyak2lah bertobat agar ALLAH tidak murka karena makin banyak orang syirik, orang gila harta, kekuasaan, menyekutukan ALLAH lah yang paling dosa besar!!.... yah, Malaysia dan Singapur bisalah dijadikan contoh yang baik dari segi transportasi masal, disiplin, teratur dan pengaruh budaya barat yang udah 'nyampah' banget di negara kita karena nga ada 'bak sampah' buat nyaring mana yang bener dan salah. Tapi yang saya bangga2in juga banyak produk dalem negeri yang bagus2 dengan kualitas ekspor. Dan Batik yang sudah terkenal walaupun orang bule masih ada yang maling batik, ngaku2 dari Indonesia tapi ketika di tanya nga tau sama sekali Indonesia dimana, nah saya gedek sama orang bule goblok macem begitu. Esmosi saya jadi naik gara2 nulis ini. Emang negara kita negara 'susah' yang belagak modern, tapi kita punya budaya cing, punya identitas. Walaupun negara kita di bodoh2in sama negara lain teteup negara kita masih aja baik sama negara yang begitu, macem di sinetron gtlah......

Foto dar atas-kebawah :

(1) Orchard Road kebangaan Singapur (2-3) Disiplinnya mereka (4) bersih dan sepinya ini negara.

Tidak ada komentar: