Minggu, 31 Mei 2009

kendala bahasa & pesona Thailand

Baru kali ini saya keluar negeri (halah norak!, eh serius!) . Alhamdulillah ada rejeki berangkat travelling start Jakarta-Bangkok-Malaysia-Singapure-Batam. Yang seru dari Malaysia ke Singapur naik bis kira2 3-4 jam. Trus dari Singapur ke Batam, seperti biasa, naik kapal feri.

Cerita serunya ketika di Bangkok. Lucunya kalo orang Thailand rata2 cadel, jarang yang bisa ngomong bahasa inggris itu karena Thailand di masa lalu tidak pernah di jajah sama bangsa lain. Tuh hebat ya bisa nga di jajah, kenapa juga para penjajah jaman dulu ga tertarik ngejajah Thailand?. Oke back to story, yang seru banget adalah ketika ngobrol sama orang lokal. Amburadul!.... tadinya nih kita sekeluarga mau nyobain naik MRT alias kereta dalam kota yang operasinya dari bandara (wuih keren!). Kita coba tanya sama satpam2 mol di sana, MRT tersebut melewati beberapa mol besar yang terkenal di Thailand seperti, MBK, SIAM Paragon. Pas kita tanya mereka sama sekali ga ngerti kita ngomong apa, cuma yas-yes doang. Kita ga pantang nyerah untuk nanya lagi, ternyata sama aja kacauuuuuuuuu......................... setelah di telusuri penjelasan satpam yang udah2 teteup kita nga nemu tempat dimana mesti naek si MRT tersebut. Walhasil ibu saya yang paling bawel marah2 pulang minta naik taksi aja. Catatan, taksi di Thailand jarang yang berargo, yang resmi, dan satu lagi, yah itu balik ke kendala bahasa tadi. Pas kita pulang naek taksi, syukurnya si bapak taksinya baik. Muke orang Thailand emang mirip sama orang Indonesia, makanya ketika di sana saya sama adik saya becandaan mulu sambil nyeletuk ngomong pake bahasa Indonesia. Kocak kan? pas di ajak ngomong eh taunya bahasanya beda. Tapi jujur, selama pengamatan saya di sana ternyata anak2 muda Thailand kurang lebih sama gaulnya sama anak muda Jakarta. Cuma bedanya kalo di Jakarta, anak2 muda nya rata2 korban mode doang, apalagi yang ABG!, ancur..... kalo di sana mereka cenderung punya gaya sendiri, ga njiplak dari mana2. Dan cowok2 nya lebih ekspresif dan modis . Yah 11-12 lah sama gaya2 orang taiwan, Korea, Jepang.
Di sepanjang saya nongkrong di salah satu mol beken di Thailand, MBK, di sana rata2 rambut cowoknya tertata rapih dan gaya pakaiannya juga rapih, macem gaya cowok2 dandy gitu lah. lucunya di beberapa kampus mengharuskan mereka pake seragam. Salah satu yang seragam cewek yang paling menarik pas saya liat, atasan kemeja putih-celana harem pants pendek warna oranye???? boookkk....... seragam fungky aja? semangat ga sih kuliahnay kalo gitu? hehehe....dan cowok2nya rata-rata berspatu pantofel yang depannya kotak dan runcing, bokkkkkkkkkk.................... dandy aje mau kuliah!.. dan ternyata di sana lagi menjamur2nya salon kuku alias nail art. Di sepanjang MBK saya jadi ngerasa di Tokyo, ngeliat di sepanjang jalan anak2 muda yang modis2. Mungkin saya datang ke sana momennya pas mau taun baru dan lagi ada night bazaar di SIAM Paragon. Jadila anak2 muda Thailand yang cakep2 berhamburan di sana. Seru juga banyak yang di kecengin tapi yah itu, kendala bahasa bok!, niat mau flirting malah jadi males gara2 kendala bahasa. Ada satu spot di mana saya menemukan cowok ganteng ala komik Jepang di dunia nyata. Pas di Grand Palace, macem Borobudurnya Indonesia. Jadi saya nemu cowok ganteng semi lokal-campuran chinese Thailand (Chinese Thailand sama Cina RRC beda, kalo Thailand nga terlalu sipit) dia pake jaket berkancing ala seragam Jepang, sepatu pantofel kotak, tinggi besar dan rambutnya rapih jali bok!, perfectlah!... tadinya saya mau fotoin dia dan kayaknya dia ngerasa juga saya ngebuntutin dari belakang. Tadinya mau saya ajak ngobrol cuman ya itu KENDALA BAHASA tadi! jadi udah keburu males duluanlah saya. Kalo saya pribadi lebih suka yang pure lokal karena sex appeal yang menurut saya tinggi. Lokalnya berkulit sawo matang-coklat (huhhhh HOT!), matanya sama sekali nga sipit, belo kaya orang Indonesia, rambut hitam (iyalah Asia juga gt) . nah yang lokal saya temui si supir taksi yang mengantar dari bandara ke hotel. Dia masih muda, kulitnya coklat, manis juga sih hehe...karena emang kepincut sama cowok lokal Thailand yang sex appeal nya tinggi tadi.


Tapi ternyata setelah di perhatikan, orang Thailand badannya nga ada yang gemuk. Slim semua, karena mereka makanannya kayak orang Sunda, begitu juga dengan gaya ngomongnya yang kalem. oiya, mereka makan banyak sayur dan ikan, lucu ya?. Sehat juga sih cuman yang rada serem kalo mau makan ga bisa sembarangan buat yang muslim. Karena menu utama mereka adalah babi. Tadinya saya dari Jakarta udah hoyong makan pad thai alias nasi goreng Thailand, minum thai ice tea langsung dari negaranya. Cuman ya itu, ngeri ada babinya. Tapi alhamdullilah tercapai juga setelah nemu restoran Arab di deket hotel saya di daerah Payathai road.
Gak puas juga sih cuman 2 hari di sana, setelah puas dan gempor keliling tur di Thailand besoknya saya mesti ngejar pesawat ke Malaysia. Pengennya balik lagi kesana, tapi kapan yaaa? mesti nabung dulu nih, tapi saya jadi penasaran sama cowok2 Taiwan, Jepang dan Korea. Kira2 gaya mereka kayak apa ya? yah mudah2an bisa terkabul keinginan saya jalan2 travelling lagi hehehe... :)



















Foto dari atas-ke bawah :
(1) salah satu gaya seragam anak sekolah thailand (2) MBK, tempat gaul anak muda Thailand (3) kemacetan di pusat mal (4) SIAM night bazaar (5) salah satu jualan fungky anak muda Thailand (6) nih orang lokalnya Thailand.

1 komentar:

Benie mengatakan...

Sis mao nanya ne...rencana kan tgl 3 Sept 2009 ini aku sama temen mao liburan ke Thailand...nah yg mao saya tanyain adalah... darri Bandara ke Hotel, enak na naek apa ya?? Taksi dsana bandel - bandel ga kaya taksi di bandara Jakarta?? Mungin sis ada advise buat saya...secara saya baru pertama x ke Thailand..thx banget...Benie